Teco Ciptakan Atmosfer Positif di Bali United

Jakarta Genap dua pekan sudah Stefano Cugurra Teco menjadi pelatih Bali United. Ia berhasil memberikan warna baru dalam setiap sesi latihan yang dijalani Serdadu Tridatu. Dua pemain Bali United, Fadhil Sausu dan I Made Andhika Wijaya, mengungkapkan pendapat mereka soal sosok Teco.

Sudah 14 hari Stefano Cugurra Teco resmi menjadi pelatih Bali United. Dalam dua pekan berlatih, beberapa pemain tampak menikmati suasana baru yang dibawa pelatih yang membawa Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018 itu.

Fadhil Sausu, gelandang Bali United yang musim lalu dipercaya menjadi kapten, menyebut Teco sebagai seorang pelatih yang mengandalkan kedisiplinan. Namun, suasana yang dibawa Teco ke dalam latihan Bali United membuatnya merasa nyaman karena ia juga bisa merasakan suasana kekeluargaan.

“Suasana tim saat ini sangat kompak dan itu menjadi modal yang bagus bagi kami dalam menghadapi berbagai tantangan. Coach Teco juga sangat disiplin dalam latihan, tapi sangat baik secara personal,” ujar Fadhil Sausu, yang baru memastikan diri menjadi bagian keluarga Bali United hingga satu tahun ke depan.

“Bali United sudah seperti rumah kedua saya, karena sudah cukup lama saya berada di sini. Yang membuat saya cukup nyaman berada di sini adalah rasa kekeluargaan yang kuat di antara pemain, tim pelatih, dan manajemen,” lanjutnya. 

2 dari 2 halaman

Lebih Pintar

Sementara itu, bek sayap Bali United, I Made Andhika Wijaya, mengaku menikmati suasana tim di bawah kepemimpinan pelatih asal Brasil itu. Andhika Wijaya melihat Teco sebagai sosok yang mampu mengajarkan pemain agar bisa bermain lebih pintar di lapangan.

“Coach Teco mengajarkan kami banyak hal, satu di antaranya adalah bermain dengan lebih pintar. Tentu hal tersebut membuat saya secara pribadi tidak cepat kehabisan stamina saat pertandingan. Sebagai bek sayap, saya bisa lebih memperhitungkan kapan harus membantu serangan dan kapan harus fokus menjaga pertahanan. Gaya pendekatannya dengan setiap pemain juga sangat bagus,” ujar pemain Bali United yang kerap mengawal sisi kanan pertahanan tim itu.

Stefano Cugurra Teco direkrut Bali United sebagai pelatih dengan durasi kontrak selama dua tahun. Pada tahun pertamanya, mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya ini diharapkan bisa membawa Bali United kembali ke lima besar Liga 1 2019 setelah pada musim lalu terperosok hingga ke posisi ke-11.