Liliyana Natsir Pensiun, Ganda Andalan China Waspadai Pemain Indonesia Ini

Jakarta Ganda China peringkat satu dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, mengakui keputusan Liliyana Natsir pensiun bakal mengubah peta persaingan di ganda campuran dunia. Namun, Siwei memperkirakan masih ada bintang-bintang baru yang akan bermunculan dan layak diwaspadai. 

Zheng/Huang menjadi lawan Liliyana Natsir yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad pada laga terakhirnya, yaitu di final Indonesia Masters 2019, Minggu (27/1/2018). Pada laga tersebut, Zheng/Huang berhasil mengalahkan Tontowi/Liliyana melalui partai alot tiga gim. 

Selama berkiprah di bulutangkis, pasangan Zheng/Huang sudah lima kali berjibaku melawan Tontowi/Liliyana. Hasilnya, ganda andalan China itu mendominasi dengan membukukan empat kemenangan. 

Saat ditanya efek Liliyana Natsir gantung raket, Zheng Siwei memberikan jawaban singkat. “Pasti ada pengaruhnya. Tapi pasti juga muncul bibit-bibit baru,” kata Zheng, pada sesi konferensi pers setelah pertandingan kontra Owi/Butet. 

“Ada pasangan Jepang yang harus diwaspadai, begitu juga pasangan Hafiz/Gloria dari Indonesia,” imbuh Siwei. 

Ganda Jepang yang dimaksud Siwei tak lain pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino, yang kini menempati peringkat tiga dunia. 

Adapun ganda Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, kini menempati ranking 14 dunia. Zheng/Huang juga bukan lawan yang asing bagi Hafiz/Gloria. 

Kedua pasangan sudah tiga kali bertemu di berbagai turnamen. Hasilnya, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dominan dengan menyapu bersih tiga kemenangan. 

Pasangan Hafiz/Gloria dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kini menjadi tumpuan utama sektor ganda campuran Indonesia setelah Liliyana Natsir pensiun dari kancah bulutangkis. 

Sumber Bola.com