Jose Mourinho Dianggap Ceroboh saat Belanja Pemain untuk MU

Liputan6.com, Jakarta Legenda Arsenal, Ian Wright, mengkritik kiprah Jose Mourinho saat menukangi Manchester United (MU). Wright menganggap The Special One tidak cermat dalam belanja pemain. 

Semenjak ditunjuk menjadi manajer MU, Mourinho bisa dikatakan sudah belanja besar. Ia menghabiskan hampir 300 juta pounds untuk belanja dalam lima bursa transfer terakhir.

Namun pada musim panas kemarin, Mourinho mengeluh bahwa manajemen MU tidak mengijinkannya untuk membeli bek baru di bursa transfer kemarin. Manajemen MU disebut menolak permintaan Mourinho itu karena dalam dua tahun terakhir ia sudah membeli dua bek tengah baru di mana transfer kedua bek ini menghabiskan hampir 70 juta pounds.

Wright sendiri menilai wajar jika manajemen MU menolak permintaan Mourinho karena sang pelatih dinilai terlalu sembrono dalam belanja. “Saya rasa aneh sekali ketika Mourinho tidak memainkan Bailly dan Lindelof bersama di tim utama United,” buka Wright di program The Debate yang disiarkan Sky Sports.

Wright menilai Mourinho tidak memperhitungkan dengan matang setiap rencana transfer yang ia buat bagi Manchester United.

Ia menilai itulah mengapa sang pelatih kehilangan pekerjaannya di Old Trafford pada pertengahan Desember kemarin.

“Saya rasa dua transfer itu [Bailly dan Lindelof] menjadi gambaran masalah United di bursa transfer, di mana mereka bisa membeli dua bek tengah dengan total harga 60 juta pounds dalam kurun waktu 12 bulan dalam kepemimpinan manajer yang sama hanya untuk Mourinho memutuskan bahwa kedua bek ini tidak bisa bermain bersama.”

2 dari 2 halaman

Situasi Aneh

Ekspresi Jose Mourinho saat timnya menjamu Young Boys pada laga lanjutan liga champions yang berlangsung di stadion Old Trafford, Rabu (28/11). Manchester United sukses menang 1-0 atas Young Boys. (AFP/Oli Scarff)

Wright sendiri juga mengaku heran mengapa Mourinho masih minta dibelikan bek baru lagi, padahal ia seharusnya bisa mengasah Lindelof dan Bailly agar bisa bermain lebih baik lagi.

“Dia [Mourinho] tidak pernah memberikan penjelasan mengapa kedua pemain ini tidak bisa dimainkan bersama. Faktanya selama 18 bulan terakhir, keduanya hanya empat kali menjadi starter secara bersamaan.”

“Mourinho pernah bilang satu kali bahwa ia tidak suka pasangan bek ini karena mereka berdua rentan terkena cedera jika mereka bermain bersama dalam tiga pertandingan beruntun dan itu membuat kerja sama mereka tidak berfungsi lagi.” tandasnya.

Di era Solskjaer, Lindelof dipercaya menjadi bek utama Manchester United bersama Phil Jones sementara Bailly masih berjuang untuk kembali menjadi starter di skuat setan merah.

Sumber: Bola.net

Saksikan juga video menarik di bawah ini: