Jelang Liverpool vs Leicester City, Puel Sanjung Van Dijk

Liputan6.com, Liverpool – Sebuah pujian dilayangkan Claude Puel kepada Virgil van Dijk. Pelatih Leicester City itu menilai sang bek sudah layak disebut sebagai salah satu bek terbaik di dunia saat ini.

Van Dijk sendiri mulai menjadi sorotan publik tahun lalu. Pada saat itu Liverpool rela membayar sebesar 75 juta pounds untuk memboyongnya dari Southampton.

Namun harga mahal yang dibayarkan The Reds untuk bek Timnas Belanda itu bisa dibilang setimpal. Van Dijk tampil cemerlang di jantung pertahanan The Reds dan ia disebut sebagai penyebab Liverpool bisa masuk ke final Liga Champions musim lalu.

Puel yang merupakan mantan pelatih Van DIjk di Southampton mengaku terkejut dengan perkembangan sang bek. “Ketika saya pertama kali datang ke Southampton, dia [Van Dijk] sudah menjadi pemain yang sangat bagus,” buka Puel kepada Sportsmole.

Puel menyebut ada perkembangan yang signifikan pada permainan Van Dijk selama memperkuat Liverpool sehingga ia tidak ragu menyebut bek 27 tahun itu sebagai salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

“Pada saat itu, dia sudah menjadi bek terbaik dunia bagi saya. Namun pada saat itu dia terlalu nyaman dengan permainannya dan ia punya kebiasaan buruk di mana ia bertahan terlalu ke dalam dan kerap meremehkan musuhnya.”

“Pada awalnya, saya sempat berdiskusi dengannya dan meminta ia memperbaiki kebiasaan buruk itu namun ia marah. Namun perlahan tapi pasti, ia mulai membenahi permainannya itu sehingga permainannya menjadi lebih baik.”

2 dari 3 halaman

Keputusan Tepat

Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk. (AFP Photo/Paul Ellis)

Puel juga menilai pindah ke Liverpool adalah keputusan yang tepat bagi Van Dijk karena perkembangannya semakin cepat bersama The Reds.

“Kita semua tahu bahwa tim-tim hebat selalu menguasai penguasaan bola dan bermain di area pertahanan lawan, sehingga para bek mereka harus menutupi banyak area di belakang mereka. Aspek ini harus dimiliki bek-bek modern saat ini agar mereka bisa bermain di level tertinggi.”

3 dari 3 halaman

Berkembang Pesat

“Di Liverpool, Virgil berkembang dengan sangat pesat. Ia adalah pemain yang fantastis, di mana ia sangat kuat, cepat dan juga punya teknik yang bagus. Dia bisa bermain di bawah tekanan dan itu benar-benar fantastis.” tandasnya.

Puel sendiri kemungkinan besar tidak akan melakukan reuni dengan Van Dijk dini hari nanti, setelah Jurgen Klopp tengah mempertimbangkan untuk memberi istirahat bagi sang bek.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini