Hukuman McGregor Lebih Ringan dari Khabib Nurmagomedov

Liputan6.com, Jakarta Conor McGregor dan Khabib Nurmagomedov sama-sama dijatuhi hukuman sebagai buntut kericuhan usai pertandingan mereka di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Oktober lalu. Selain larangan bertanding, kedua petarung Mix Martial Arts (MMA) itu juga dijatuhi denda. 

Seperti dilansir Metro.co.uk, Nurmagomedov yang menyerang tim pelatih McGregor usai pertandingan dijatuhi larangan bertanding selama sembilan bulan. Namun hukuman ini bakal mendapat pengurangan selama tiga bulan bila petarung asal Rusia itu bersedia ambil bagian dalam program layanan masyarakat berupa kampanye anti perudungan. 

Selain larangan bertanding, Nurmagomedov juga didenda sebesar denda 500 ribu USD. Ini seperempat dari total bayaran yang diterimanya pada pertarungan melawan McGregor. 

Sementara itu, McGregor juga tidak luput dari sanski. Namun petarung 30 tahun itu menerima hukuman lebih ringan, yakni enam bulan larangan tampil dan denda 50 ribu USD.

“Saya pikir ini tidak adill. Khabib didenda 500 ribu USD dan Conor hanya 50 ribu USD. Saya pikir ini omong kosong,” kata manajer Khabib Nurmagomedov, Ali Abdelaziz. 

Dua personel tim Nurmagomedov yang terlibat dalam keributan juga didenda sebesar 25 ribu USD. Menurut Abdelaziz, denda tersebut seluruhnya akan dibayar oleh Nurmagomedov.

Abdelaziz tidak mempermasalahkan sanksi larangan bertanding yang dijatuhkan kepada kliennya. Menurutnya, hukuman itu sudah adil. “Itu sudah adil,” katanya. 

“Mereka berdua dapat hukuman 6 bulan. Tapi untuk dua anggota tim, itu keterlaluan.”

2 dari 2 halaman

Awal Kericuhan

Khabib Nurmagomedov saat mengunci Conor McGregor dalam pertarungan UFC 229 di Las Vegas, AS (6/10). Nurmagomedov dinyatakan menang melalui submission. Dia melakukan rear naked choke kepada McGregor. (AP Photo/John Locher)

Nurmagomedov sebenarnya berhasil membungkam McGregor dengan cekikan di ronde keempat. Namun emosinya tidak terkendali dan terpanci provokasi tim lawan. Usai pertandingan dia melompati oktagon untuk menyerang salah satu personel tim McGregor.

Aksi Nurmagomedov diikuti dengan penyerangan terhadap McGregor yang berada di dalam Oktagon. Dua orang melompat masuk dan menyerang petarung asal Irlandia tersebut. 

Kericuhan baru mereda setelah pihak keamanan turun tangan. McGregor kemudian dibawa ke ruang ganti dengan pengawalan menghindari bentrok susulan dengan Nurmagomedov. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini: