Final Indonesia Masters 2019: Liliyana Natsir Tutup Karier dengan Kekalahan

Liputan6.com, Jakarta – Liliyana Natsir menutup kariernya dengan kekalahan. Bersama pasangannya, Tontowi Ahmad, gagal mengalahkan Zheng Siwei / Huang Yaqiong pada final Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Pada laga terakhir Liliyana, yang memutuskan pensiun usai Indonesia Masters 2019, ganda campuran Indonesia ini tancap gas di set pertama. Tontowi/Liliyana sempat unggul 5-3.

Zheng/Huang sering melakukan kesalahan yang membuat bola tidak bisa menyebrang ke permainan ganda terbaik Indonesia itu. Tontowi/Liliyana pun menjauh dengan skor 11-5.

Tontowi/Liliyana terlihat on fire, pukulan keras mereka sulit dihentikan unggulan pertama Indonesia Masters 2019. Mereka pun berhasil menutup set pertama dengan kemenangan 21-19.

Pada set kedua, Owi/Butet, sapaan Tontowi/Liliyana, meladeni perlawanan sengit Zheng/Huang, skor sempat imbang 6-6. Namun, Tontowi/Liliyana membuat lima poin beruntun. Mereka pun unggul 11-8 hingga jeda set kedua.

Zheng/Huang sempat membalikkan keadaan menjadi 13-12 usai istirahat set kedua. Namun, Tontowi dengan sukses mengembalikan servis dan membuat mereka kembali unggul 18-14. Tontowi/Liliyana tertekan, Zheng/Huang membuat lima poin beruntun dan membalikkan kedudukan. Zheng/Huang pun memenangkan set kedua dengan skor 21-19.

2 dari 3 halaman

Set Penentuan

Pada set ketiga atau penentuan, pertarungan cepat diperagakan. Zheng/Huang bahkan sempat unggul 6-3 atas Tontowi/Liliyana. Smash Tontowi keluar membuat Zheng/Huang unggul empat angka.

Namun, smash menyilang Liliyana berhasil memperkecil kedudukan. Skor pun menjadi 5-8, masih untuk keunggulan ganda campuran Tiongkok. Hingga jeda set ketiga, Tontowi/Liliyana tertinggal 8-11.

Usai jeda, pukulan Liliyana tak mampu melewati net, ganda campuran Indonesia ini pun semakin tertinggal jauh 9-13. Namun, Zheng/Huang melakukan kesalahan yang menguntungkan Indonesia, Tontowi/Liliyana mendapat tiga poin dengan percuma, skor sempat menjadi 13-15.

Smash menyilang Liliyana sempat menyulitkan ganda camputan ranking pertama itu. Namun, Zheng/Huang berhasil menutup set ketiga dengan skor 21-16.

Kekalahan ini membuat Tontowi/Liliyana gagal merebut gelar Indonesia Master yang tahun lalu dimenangkan oleh Zheng Siwei/Huang Tanqiong. Ini menjadi akhir perjalanan Liliyana setelah 24 tahun berkarier di bulutangkis Indonesia.

3 dari 3 halaman

Tiga Gelar

Kekalahan ini membuat Tontowi/Liliyana gagal meraih gelar keempat di Indonesia Masters. Sebelumnya, mereka menjadi juara di ajang ini pada 2015, 2012, dan 2010.

Di Indonesia Masters 2019, Indonesia hanya meraih satu gelar. Satu gelar dipersembahkan, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Saksikan video pilihan berikut ini: