Ducati Terapkan Team Order di MotoGP 2019?

Liputan6.com, Bologna – Mission Winnow Ducati akan menerapkan strategi berbeda di MotoGP 2019. General Manager Ducati, Gigi Dall’igna memberi isyarat bakal menerapkan team order.

Seperti diketahui, Ducati akan diperkuat pembalap anyar Danilo Petrucci di MotoGP 2019. Dia akan menemani Andrea Dovizioso yang pada musim sebelumnya berduet dengan Jorge Lorenzo.

Karena status Dovizioso yang lebih berpengalaman dibandingkan Petrucci, Dall’igna memberi isyaratkan akan menerapkan team order. Meski dia tak mau mengakui hal tersebut.

“Kami telah memilih untuk beralih dari dua pembalap yang berpikir secara mandiri dan bertindak demi kepentingan mereka sendiri. Kini ada baiknya melakukan untuk tim,ke sistem yang cenderung mengoptimalkan hasil keseluruhan tim,” katanya seperti dikutip motorsport.

“Saya tidak berbicara tentang team order, tetapi sinergi dalam hal pengembangan motor, dan set-up motor di akhir pekan balapan,” imbuh pria Italia tersebut.

2 dari 3 halaman

Pembalap Nomor Satu

Pembalap Ducati asal Italia, Andrea Dovizioso. (AFP/Javier Soriano)

Pernyataan Dall’Igna jelas menyiratkan adanya status nomor satu dan dua dalam internal pabrikan Borgo Panigale. Andrea Dovizioso sudah pasti diproyeksikan sebagai andalan utama, dengan Danilo Petrucci bertugas membantu perjuangannya merengkuh gelar juara.

“Andrea telah berada di Ducati sejak sebelum saya datang, dia tahu semua orang dan cara kami bekerja. Saya ingin menggarisbawahi kesinambungan adalah salah satu hal terpenting di dunia balap,” katanya.

“Dia menjalani beberapa balapan hebat tahun lalu, seperti Doha (Qatar), Brno, Misano, bahkan Valencia. Namun, di atas semua itu, dia peringkat kedua dalam dua tahun terakhir dan dia memiliki tekad untuk lebih baik. Inilah yang ingin kami lakukan bersama.”

3 dari 3 halaman

Petrucci Penting

Mengenai peran Petrucci, pria yang identik dengan jenggot putihnya itu kembali menekankan pentingnya sang pembalap baru menapaki podium tertinggi pada 2019.

“Danilo punya kisah penting dengan Ducati. Dia telah bersama kami sejak 2015. Dia menjalani banyak balapan hebat dan naik podium. Dia tidak memenangi balapan, (dan) ini harus menjadi target utamanya musim ini, juga bertarung demi podium di setiap balapan,” ucapnya.

“Target kami sama untuk beberapa tahun sekarang, yaitu bertarung untuk kejuaraan dunia. Kami bukan favorit, tetapi kami akan berusaha lebih keras untuk menjadikan 2019 tahun yang indah bagi Ducatisti,” katanya.