Doohan: Marquez vs Lorenzo Akan Sengit di MotoGP Qatar

Liputan6.com, Sepang – Legenda MotoGP, Mike Doohan buka suara soal dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Menurut Doohan persaingan keduanya akan langsung terasa di seri pertama MotoGP 2019 di Losail, Qatar, Maret mendatang.

“Kita masih enam sampai delapan pekan dari awal musim, jadi kita bisa berharap keduanya akan kuat dan saling menantang untuk podium juara,” kata Doohan seperti dilansir Crash.

“Pembalap sekaliber Marquez dan Lorenzo tidak terlalu khawatir dengan rekan setimnya. Tentu saja mereka mau saling di depan tetapi mereka harus mengalahkan pembalap lain,” ujar Doohan menambahkan.

Seperti diketahui, Lorenzo memutuskan bergabung dengan Repsol Honda mulai MotoGP 2019. Lorenzo menggantikan Dani Pedrosa yang memutuskan pensiun di akhir musim lalu.

Bergabungnya Lorenzo ke Repsol Honda menambah panas aroma persaingan MotoGP 2019. Lorenzo pastinya tidak akan mau hanya menjadi pembalap kedua di belakang Marquez, kendati berstatus rekan setim.

Honda pun harus pandai-pandai menjaga atmosfer timnya. Jika tidak, persaingan Marquez dan Lorenzo akan menjadi bumerang bagi tim.

“Ketika pembalap di samping Anda punya akses kepada mesin dan peralatan yang sama, itu berarti Anda harus bekerja lebih keras dan memastikan Anda ada di depan,” ujar Doohan.

2 dari 3 halaman

Harus Fokus

Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo (kanan), diperkenalkan sebagai pembalap untuk MotoGP 2019 di Madrid, Rabu (23/1/2019). (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Doohan menambahkan, Marquez dan Lorenzo sebaiknya tidak terlalu fokus untuk saling mengalahkan. Menurut juara dunia lima kali ini, Marquez dan Lorenzo harus fokus ke diri masing-masing.

“Saya pikir, jika Anda mulai fokus ke kompetitor, Anda kehilangan target Anda, dan itu adalah menang, bukan sekadar mengalahkan rekan setim Anda. Anda harus fokus ke diri sendiri dan setim agar bisa selangkah di depan,” ujar Doohan mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP 2019

1. GP Qatar: Losail International Circuit,10 Maret

2. GP Argentina: Termas de Rio Hondo, 31 Maret

3. GP Americas: Circuit of the Americas, 14 April

4. GP Spanyol: Circuito de Jerez-Angel Nieto, 5 Mei

5. GP Prancis: Le Mans, 19 Mei

6. GP Italia: Autodromo di Mugello, 2 Juni

7. GP Catalunya: Circuit de Barcelona-Catalunya, 16 Juni

8. GP Belanda: TT Circuit Assen, 30 Juni

9. GP Jerman: Sachsenring, 7 Juli

10. GP Cek: Automotodrom Brno, 4 Agustus

11. GP Austria: Red Bull Ring – Spielberg, 11 Agustus

12. GP Inggris: Silverstone Circuit, 25 AgustusSelect Media

13. GP San Marino: Misano World Circuit Marco Simoncelli, 15 September

14. GP Aragon: MotorLand Aragon, 22 September

15. GP Thailand: Changi International Circuit, 6 Oktober

16. GP Jepang: Twin Ring Motegi, 20 Oktober

17. GP Australia: Phillip Island Circuit, 27 Oktober

18. GP Malaysia: Sepang International Circuit, 3 November

19. GP Valencia: Circuit Ricardo Tormo, 17 November.