Bukan Batak, Kenapa Liliyana Natsir Dipanggil Butet?

Liputan6.com, Jakarta Indonesian Masters 2019 menjadi akhir kirah Liliyana Natsir. Wanita berusia 33 tahun itu memutuskan gantung raket setelah 17 tahun aktif sebagai pebulu tangkis profesional. 

Liliyana tidak kuasa menahan air mata saat mengumumkan keputusan tersebut. Apalagi, pihak penyelenggara Indonesian Masters sempat menayangkan perjalanan karier pebulu tangkis yang menjadi juara dunia untuk nomor ganda campuran pada tahun 2005 itu. 

Nama Lililayan mulai menanjak saat berpasangan dengan Nova Widianto. Mereka sukses merebut gelar juara dunia tahun 2005 dan 2007. Selanjutnya, Liliyana juga sempat menjajal nomor ganda putri bersama Vita Marissa dan berhasil merebut emasl pada SEA Games 2007.

Setelah berpisah dengan Nova Widianto, Liliyana kemudian berpasangan dengan Tontowi Ahmad. Mereka juga keluar sebagai juara dunia pada tahun 2013/2017. Keduanya juga berhasil menggondol medali emas ganda campuran Olimpiade Rio de Janeiro 2016. 

Tontowi menjadi pasangan Liliyana sebelum akhirnya gantung raket. Sayang, perpisahan Liliyana tidak lengkap. Dia gagal membawa pulang gelar Indonesia Masters setelah di babak final kalah 21-19, 19-21, dan 16-21 dari pasangan Tiongkok, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. 

Meski gagal mempersembahkan gelar di penghujung kariernya, perpisahan Liliyana dengan dunia bulu tangkis tetap berlangsung hangat. Ucapan terima kasih atas prestasi yang pernah ditorehkannya untuk Indonesia pun meramaikan media sosial lewat #ThankYouButet .