Bintang Sepak Bola Dunia Galang Dana untuk Pencarian Emiliano Sala

Liputan6.com, London – Bintang sepak bola dunia ramai-ramai memberikan donasi untuk melanjutkan pencarian bintang asal Argentina, Emiliano Sala yang hilang saat terbang dari Nantes ke Cardiff City. Ini merupakan kampanye penggalangan dana yang tak hanya diikuti pemain bola tapi juga publik.

Kampanye penggalangan dana ini sudah mengumpulkan sekitar 130 ribu pounds (Rp 2,4 Miliar) dari dua ribu orang dari hitungan hari. Sport Cover perusahaan dimana agen Emiliano Sala, Meissa N’Diaye bernaung merilis kampanye ini.

Dari penggalangan dana ini, beberapa bintang mengeluarkan uang mereka. Adrien Rabio misalnya menyumbang 25 ribu euro. Ada juga Ilkay Gundogan (Manchester City), Kylian Mbappe, Adrien Rabiot, Kalidou Koulibaly, Dimitri Payet, Demarai Gray dan Corentin Tolisso yang juga menyumbang lewat kampanye tersebut.

Situs yang menggelar kampanye penggalangan dana untuk Emilianno Sala pun menyambaikan pesan dalam bahasa Spanyol #NoDejenDeBuscar Emiliano Sala atau jangan berhenti mencari Sala.

“Penggalangan dana ini dibuat sebagai respon atas situasi dan keputusan otoritas yang menghentikan pencarian. Terima kasih sudah membantu dengan jumlah dana seikhlas Anda,” tulis situs tersebut.

2 dari 3 halaman

Masih Berharap

Adik Emiliano Sala, Romina (kanan) saat ditenangkan pada upacara penghormatan (GEOFF CADDICK / AFP)

Para pemberi donasi rata-rata ingin pencarian Sala diteruskan. Mereka tak peduli sekecil apapun peluang Sala masih hidup atau sudah meninggal.

Seorang fans yang menyumbang 20 euro menulis,”Emiliano, kalaupun hanya ada harapan yang kecil, saya sumbangkan 20 euro untuk menuntaskan pencarian ini.”

“Anda ada di hati saya dan saya ingin membantu keluarga Anda dan mencoba bantu sebisa saya. Apapun yang terjadi Anda akan selalu ada di pikiran saya. Anda pemain hebat dan orang yang menyenangkan.”

3 dari 3 halaman

Dihentikan

Keputusan otoritas untuk menghentikan pencarian pesawat kecil PA-46 Malibu yang terbang dari Nantes ke Cardiff City sungguh mengecwakan banyak pihak. Soalnya, pencarian hanya dilakukan selama tiga hari.

“In memalukan,” kata mantan pacar Sala yang juga model, Berenice Schkair.

Keluarga Sala juga sudah mendesak presiden Argentina, Mauricio Acri untuk terus mendesak otoritas Prancis dan Inggris untuk terus lanjutkan pencarian.

“Presiden Mauricio Acari sudah mengutus menteri luar negeri Argentina, Jorge Faurie untuk melobi Inggris dan Prancis agar meneruskan pencarian,” bunyi pernyataan resmi dari kepresidenan Argentina.