Balik dari Spanyol, Indra Sjafri Langsung Pimpin Latihan Timnas Indonesia U-22

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sudah kembali memimpin latihan tim asuhannya di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin pagi (28/1/2019). Indra sudah pulang dari Spanyol. Indra Sjafri membawa pengalaman baru setelah berguru selama seminggu.

Indra Sjafri tiba di Tanah Air sejak Sabtu malam (26/1/2019). Sesi latihan Timnas Indonesia U-22 pada Senin pagi (28/1/2019) menjadi kali pertama Indra Sjafri kembali menangani tim asuhannya setelah dari Spanyol. 

Sebelum latihan Timnas Indonesia U-22 dimulai, Indra Sjafri sudah berada di Stadion Madya kurang lebih satu jam lebih cepat dari jadwal. Bersama dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, pelatih asal Sumatra Barat itu tampak melatih dirinya sendiri dengan berjalan cepat di sekitar stadion.

Setelah itu Indra Sjafri memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-22. Menu taktik bertahan menjadi yang utama dalam sesi kali ini. Indra Sjafri begitu antusias melatih hingga Tim Garuda Muda menghabiskan lebih dari dua jam berlatih.

Latihan ini menjadi pertama kalinya Indra Sjafri kembali, setelah menjalani modul kelima dalam lisensi kepelatihan AFC Pro di Spanyol bersama 19 pelatih lainnya. Indra Sjafri dan pelatih lain, seperti Djadjang Nurdjaman dan Rudy Eka Priyambada, menjalani pelatihan di Deportivo Alaves, sebuah klub di Spanyol.

Setelah kembali ke Indonesia dan menangani Timnas Indonesia U-22 lagi, Indra Sjafri mengaku senang dengan pengalaman barunya, meski yang disambangi adalah klub sepak bola dan bukan pelatihan timnas. Indra Sjafri merasa ada banyak hal yang bisa diberikan kepada pemain asuhannya sepulang dari Spanyol.

2 dari 2 halaman

Pengalaman

“Alhamdulillah, saya sudah kembali dan ada beberapa hal yang bisa dipetik dari sana. Dari kunjungan ke sana saya juga ingin mencoba untuk sekali-sekali mengunjungi timnas, seperti Jerman atau negara lain, karena kemarin yang kami kunjungi adalah klub. Suatu saat nanti saya ingin mengunjungi sebuah timnas agar bisa lebih mengetahui bagaimana negara lain mengelola timnas mereka,” ujar Indra Sjafri.

“Saya melihat yang perlu saya berikan pencerahan kepada pemain adalah bagaimana komitmen pemain di sana ketika berlatih, termasuk dengan situasi dan kondisi tertentu, seperti hujan dan lain hal. Mereka sangat berkomitmen dan itu berlaku untuk semua level umur hingga ke tim utama mereka. Semangat latihan mereka tidak pernah kendur, meski suhu udara hanya satu derajat, cuaca hujan, atau sebagainya,” lanjutnya.

Timnas Indonesia U-22 saat ini melakukan pemusatan latihan dan mempersiapkan diri menuju Piala AFF U-22 2019 yang akan digelar di Kamboja pada 17 Februari hingga 26 Februari 2019. Selama satu pekan Indra Safri, absen, Timnas Indonesia U-22 berlatih dipimpin asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto.

Sumber Bola.com