3 Penyuplai Assist Terbanyak untuk Lionel Messi di Barcelona

Liputan6.com, Jakarta – Lionel Messi pantas disebut legenda abadi di Barcelona. Dia mencatatkan banyak rekor bersama Azulgrana dan entah kapan rekor itu bisa disamai atau diikuti pemain lainnya.

Merangkai karier di Barcelona sejak 2004, Lionel Messi sudah menjadi pencetak gol terbanyak dengan 402 gol. Dia sudah jauh mengungguli Cesar yang tertahan di posisi dua dengan 190 gol.

Cesar, pemain asal Spanyol ini, pernah menjadi mesin gol Barcelona pada periode 1942 hingga 1995. Selama 13 tahun, dia hanya mampu mencetak 190, bayangkan dengan jumlah gol Messi yang sudah bermain selama 15 musim untuk Barcelona!

Kesuksesan Lionel Messi tentu tak lepas dari pemain lain. Banyak pemain yang sudah membantu Messi untuk berkembang di kariernya yang panjang di Barcelona.

Salah satu bintang yang pernah membantu Lionel Messi di lapangan yaitu Ronaldinho. Striker asal Brasil ini menjadi yang pertama memberi assist untuk gol Messi.

Namun berdasarkan statistik, masih ada tiga pemain yang paling banyak memberi assist untuk Messi, siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

3. Dani Alves

Pesepak bola Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol bersama rekannya Dani Alves usai membobol gawang Athletic Bilboa pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Sabtu (30/5/2015). (AFP/Josep Lago)

Inilah salah satu penyuplai assist paling banyak untuk Lionel Messi di Barcelona. Sejak bergabung pada 2008 dan hengkang pada 2016 lalu, Dani Alves tercatat sudah memberi 42 assist untuk gol Messi.

Bermain sebagai full back kanan, Alves memang sering memanjakan Messi lewat umpan silang maupun umpan tarik ke tengah. Saling mengenal satu sama lain menjadi kunci solidnya kerjasama antara Messi dan Dani Alves dalam membobol gawang lawan.

Alves juga punya kecepatan saat Barcelona melakukan serangan balik. Dia seperti bisa mengukur sejauh mana umpan yang harus diberikan untuk Messi.

Saat pindah ke Juventus dan kini PSG, Dani Alves juga masih menjadi pemberi assist yang baik untuk rekannya di lini depan. Messi dipastikan kehilangan sosok pemain yang cukup bengal ini.

3 dari 4 halaman

  2. Andres Iniesta

Lionel Messi (kiri) bersama rekannya Andres Iniesta melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, London (20/2). (AP Photo/Frank Augstein)

Sebagai pemain tengah, Iniesta menjadi penyuplai assist kedua yang paling banyak untuk Messi di Barcelona. Seperti dilansir Marca, Iniesta tercatat sudah menyumbang 44 assist untuk Messi.

Kerjasama antara kedua pemain ini memang kerap terjadi dalam sebuah skema serangan Barcelona. Iniesta yang memiliki skill mumpuni bisa memberi assist lewat umpan terobosan atau umpan tarik.

Dapat dipastikan, Iniesta memiliki pemahaman yang bagus untuk setiap pergerakan Messi. Dia tahu betul tempat-tempat dimana Messi bisa memaksimalkan kaki kirinya.

Messi dipastikan kehilangan Iniesta yang sudah main di Liga Jepang bersama Vissel Kobe.

4 dari 4 halaman

3. Luis Suarez

Pemain Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez (kanan) berbincang di Pusat Olahraga Joan Gamper, Sant Joan Despi, Barcelona, Spanyol, Selasa (3/4). Barcelona akan menjamu AS Roma pada leg pertama perempat final Liga Champions. (LLUIS GENE/AFP)

Pemain yang paling banyak memberi asssit untuk Lionel Messi ternyata Luis Suarez. Tandemnya di lini depan Barcelona yang juga tak kalah tajamnya dengan Messi.

Sejak kehadiran Suarez di 2014 lalu, Messi juga makin subur mencetak gol. Hingga jelang pertandingan melawan Sevilla dini hari nanti, Suarez tercatat menyumbang 46 assist untuk gol-gol yang dicetak Messi.

Jumlah assist ini dinilai bakal terus bertambah seiring dengan makin lamanya Barcelona tampil di berbagai kompetisi baik lokal maupun Eropa. Jumlah ini sangatlah hebat karena baru ditorehkan selama 4 musim.

Kesamaan posisi boleh jadi yang membuat kerjasama kedua pemain bisa begitu erat. Umpan satu dua di kotak penalti lawan menjadi senjata ampuh yang bisa lumpuhkan lawan-lawan Barcelona.