2 Kunci Kemenangan Tontowi / Liliyana di Semifinal Indonesia Masters 2019

Jakarta Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Nastir, berhasil lolos ke final Indonesia Masters 2019 setelah mendepak Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Menurut Tontowi/Liliyana, ada dua kunci mereka bisa menyingkirkan wakil Malaysia tersebut.

Bermain di Istora Senayan, Sabtu (26/1/2019), Tontowi/Liliyana berhasil menunjukkan penampilan apik sejak awal. Namun, Chan/Goh berhasil mengimbangi permainan meskipun harus menyerah 20-22.

Adapun pada gim kedua, dukungan yang diberikan suporter berhasil membuat Chan/Goh banyak melakukan kesalahan sendiri. Situasi ini lantas dimanfaatkan oleh Tontowi/Liliyana untuk menyudahi laga dengan durasi 34 menit itu dengan kemenangan 21-11.

Liliyana Natsir menyebut, kunci kemenangan mereka terletak pada gim pertama. Ketika situasi poin-poin kritis, mereka berhasil tampil tenang. Adapun pada gim kedua, Liliyana menyebut mental pasangan Malaysia menurun karena riuh dukungan suporter di Istora.

“Kunci kemenangan kami ada pada gim pertama yang ketat dan poinnya mepet. Di situ pada poin-poin kritis kami lebih tenang, ketimbang Malaysia. Kemudian poin plusnya ada dukungan penonton dan pasti mereka (Malaysia) terpengaruh mentalnya pada poin-poin kritis,” kata Liliyana seusai pertandingan.

“Adapun pada gim kedua, di atas kertas pola permainan kami sudah jalan. Mereka selalu tertekan,” tegas Liliyana

Pada pertandingan final Indonesia Masters 2019, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bakal menghadapi wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Ini menjadi momentum terakhir buat Liliyana untuk menutup karier dengan manis.